2008-12-18

Ha Long Bay


Jalan-jalan ke Ha Noi paling pas disambung dengan Ha Long Bay, teluk spektakuler yang termasuk situs World Heritage UNESCO dan dinominasikan sebagai salah satu keajaiban dunia.

Teluk biru tenang seluas 1553 km2 ini dihiasi lebih dari 1500 pulau-pulau kecil berbagai bentuk dan ukuran. Pulau-pulau ini ada yang cuma kosong ditumbuhi tanaman, ada juga yang bergua dan berdanau, ada yang ditinggali manusia. Selain itu, ada juga desa terapung di tengah Ha Long Bay.
Mirip-mirip Krabi di Thailand tapi menurut banyak komentar lebih keren Ha Long Bay (katanya, wong saya belum pernah ke Krabi...)

Menurut ceritanya,jaman Vietnam sedang perang melawan Cina, para dewa menurunkan naga untuk membantu orang Vietnam. Naga ini menebarkan batu-batu mulia yang sekarang berubah menjadi pulau-pulau ini, menjadi benteng sampai akhirnya Vietnam menang melawan Cina... (kalau sampai percaya cerita ini, Anda benar-benar kebanyakan imajinasi)



Cuma tiga jam jalan darat dari Ha Noi, cara paling asyik muter-muter Ha Long Bay tentu aja naik kapal (mosok berenang, pegel dong). Ada juga sih yang berkayak, tapi nggak akan bisa sampai jauh soalnya teluk ini gede juga. Biasanya semua travel agent di Vietnam menawarkan paket tur ke Ha Long Bay dengan kapal, jadi jangan lupa pesan duluan, cek di internet reputasi kapalnya plus tawar-tawaran (hehehe, nggak puas lah kalau belum nawar).
Selain itu, perhatikan juga ramalan cuaca. Kalau pas berkabut ya mendingan ditunda, ketimbang nggak bisa lihat apa-apa. Udara musim dingin di Ha Long lumayan menggigit, jadi kalau mau ke sana jangan lupa ngecek prediksi temperatur biar nggak salah kostum. Maklum, Ha Long ini sudah dekat perbatasan Cina jadi iklimnya agak-agak sub tropis.


Buat pecinta fotografi landscape, honeymooners, atau simply desperately romantic people, Ha Long Bay adalah salah satu ultimate destination deh. Bayangin laut biru tenang dengan ribuan pulau pulau kecil di belakangnya, kapal nelayan tradisional, burung-burung... Oh iya, jangan lupa pilih tur yang menginap di atas kapal, jadi bisa melihat matahari tenggelam dan terbit di Ha Long Bay.. oooo....

No comments:

Post a Comment