Kreta, Pulau Monster Minotaur

Kali ini saya berlibur ke Kreta, sebuah pulau Yunani di tengah laut mediterania. Pulau ini adalah rumah berbagai peradaban tua, termasuk peradaban Minoa yang merupakan peradaban tertua di Eropa (2700-1420 SM). Terus terang ini salah satu traveling saya yang paling malas-malasan, kerjanya cuma tiduran di pantai, muter-muter pakai mobil terbuka, dan makan!


Waktu masih kecil, saya suka baca majalah Bobo (generasi saya, siapa sih yang enggak?). Nah, entah kenapa, salah satu cerita di majalah Bobo yang saya ingat banget adalah legenda klasik Yunani tentang monster Minotaur. 

Ceritanya, pada zaman dahulu, ada seorang raja yang anaknya dibunuh oleh orang Athena pada suatu pesta. Karenanya, raja yang bernama Minos ini sangat membenci orang Athena. Setiap tahun, ia melampiaskan dendamnya dengan mengirimkan tujuh pemuda
Vas dari tahun 500SM bergambar Theseus dan Minotaur
dan tujuh gadis Athena ke dalam labirin di bawah istananya, untuk dimakan monster berkepala kerbau bernama Minotaur. Suatu saat, ada seorang pemuda Athena bernama Theseus yang hendak dikorbankan dalam upacara tahunan ini. Namun karena ganteng banget, putri raja Minos yang bernama Ariadne malah jatuh cinta padanya. Ia membantu Theseus membunuh Minotaur dan mengakhiri upacara tahunan yang ajip ini.


Demikianlah cerita pendeknya (kelanjutannya masih puanjaaang, karena legenda Yunani nih selalu nyambung ke mana-mana). Nah, latar belakang legenda ini adalah kerajaan Minoa, yang letaknya ya di pulau Kreta ini!


Walaupun penuh sejarah, namun kebanyakan orang datang ke Kreta untuk menikmati pantai dan alamnya yang indah. Untuk mencapai Kreta, ada banyak penerbangan langsung dari Eropa ke airport di Heraklion, ibukota Kreta. Sedangkan untuk mengitari pulau ini, paling gampang menyewa mobil atau motor. Jalan rayanya mulus dan mudah di-navigasi, serta pemandangannya wowwww banget! Saya menyarankan paling tidak menghabiskan seminggu di Kreta, untuk menikmati suasana dan alamnya dengan santai, tidur siang, lalu  mencoba makanan yunani yang sehat dan enak!

Beberapa tempat yang harus dikunjungi di Kreta:

1- Istana Knossos
Istana Knossos
Situs bersejarah bekas pusat pemerintahan kebudayaan Minoa. Diyakini, kompleks istana ini dibangun sekitar tahun 2000 SM dan ditinggalkan pada akhir masa zaman perunggu, mungkin karena letusan gunung Thera atau serangan kaum Mycean. Pada masanya, kompleks ini sudah memiliki sistim pengairan yang canggih, melayani hingga 100,000 orang pada masa kejayaannya.

2- Museum Arkeologi Heraklion
Salah satu museum paling penting di Eropa, memiliki koleksi kebudayaan Minoa terlengkap di dunia.

3- Katedral Agios Minas
Walupun di Kreta banyak gereja orthodok yunani yang bagus-bagus, inilah "pusatnya" alias tempat resminya Archbishop Kreta. Diberi nama sesuai dengan nama santa pelindung Heraklion, Santa Minas.

4- Samaria Gorge
Buat yang suka trekking, ini adalah canyon terpanjang di Eropa. Trekking di sini nggak terlalu susah, karena jalannya sudah "jadi".

5- Pantai-pantainya yang bagus banget
Susah untuk menyebutkan mana yang paling bagus, karena semuanya keren. Tapi yang paling terkenal mungkin adalah Pantai Elafonisi, Pantai Vai, Balos Lagoon, ... Semuanya berair jernih banget dan langit selalu biru bersih tak bercela di musim panas.

Pantai Aglia Peraglia (credit: creti.co)



No comments