2009-01-29

Dalat, Vietnamese's honeymoon destination

Dalat di dataran tinggi Central Vietnam adalah top honey moon destination buat Vietnamese. Tempatnya dingin, banyak bunga, ada danau Xuan Huong di tengah kotanya, romantis...

Dalat bisa dicapai dengan mobil, sekitar 6 jam dari Ho Chi Minh City, atau dengan pesawat juga bisa. Kotanya sendiri sih buat saya kurang impressive-- TAPI (huruf besar) sangat terpelihara dan penuh perencanaan. Ceritanya, sekitar abad ke-19 waktu jaman Vietnam di bawah Perancis, tersebutlah seorang dokter yang naksir berat melihat potensi Dalat; namanya Alexandre Yersin. Dia pun mengajukan proposal ke pemerintah kolonial Perancis untuk menjadikan Dalat kota peristirahatan. Dalat pun dibangun berdasarkan urban planning yang lumayan canggih, termasuk boulevard dan villa-villa gaya Perancis yang masih lestari sampai sekarang.

Entah karena hawa dinginnya, atau memang tanahnya yang subur, Dalat dihiasi bunga di mana-mana. Kalau suka bunga, bisa mengunjungi Dalat Flower Garden (yang agak so-so gitu deh). Di dalam kota Dalat, tempat yang umumnya didatangi turis adalah Cho (pasar) Dalat, lalu istana musim panasnya Emperor Bai Dao, dilanjutkan dengan Dalat train station (kita bisa naik kereta tua ke Trai Mat, terus mampir ke Lin Phuong pagoda). Malam hari, kita bisa jalan-jalan di sekitar Xuan Huong Lake yang persis di tengah kota, duduk makan jagung bakar, lalu ngopi di salah satu restauran yang bertebaran dekat Cho Dalat.

Di sekitar Dalat, banyak danau dan air terjun yang cantik-cantik. Karena jalur ke air terjun pastinya naik turun, coba jadwalkan barang 1-2 saja. Yang wajib didatangi karena paling dramatis adalah Pongour waterfalls. Selain itu juga ada Bo Blang, Prenn, Elephant, dan air terjun lainnya. Saya juga sempat mengunjungi Traditional Silk Village, di mana kita bisa melihat proses pembuatan sutra mulai dari masih berupa kepompong sampai penenunan dan pencelupan warna. Tempatnya agak di luar kota, dekat Elephant waterfall.

Jujur saja, masih banyak tempat lain yang lebih impressive di Vietnam ketimbang Dalat. Tapi kalau telanjur tinggal di Vietnam kayak saya, ya gak rugi deh dateng ke Dalat. Jangan lupa beli oleh-oleh strawberry jam yummy khas Dalat yang kandungannya 100% strawberry dan gula tanpa bahan tambahan lainnya....

2 comments:

  1. mba chandra,
    Blog nya oke...asik bgt pny kesempatan mengunjungi negara2 di dunia dan membaginya melalui blog. Panduannya pake lonely planet ya mba? Kalo blh tau mba bepergian sendirian ato dgn tmn2? Saran, coba share info ttg harga makanan, biaya transport dlm kota dan hotel di tiap negara. Bagi kami yang ga pny lonely planet kan bs ngitung2 jg....

    Kiki - tekkim'98 (semoga msh ingat)

    ReplyDelete
  2. hai Kiki, apa kabar? iya, sebagian besar pake lonely planet sbg guide, walopun banyak juga yang "terjang & kesasar".
    Sip juga, nanti ditambah info ttg harga2 :)
    Keep in touch!

    ReplyDelete