2008-01-27

Cairo - from a history freak point of view

Cairo, ibu kota Mesir, nama arabnya adalah Al-Qahirah, kurang lebih berarti "Kemenangan". Berhubung umurnya 'hanya' sekitar seribu tahun, Cairo termasuk anak-anak jika dibandingkan dengan ibukota-ibukota Mesir terdahulu: Memphis (sekitar 4700 tahun), Thebes dan Heracleopolis (sekitar 4200 tahun), atau Alexandria (2300 tahun).
Tapi jangan salah! Cairo adalah tempat impian para history freaks (termasuk saya...) Di setiap sudut, jangan kaget kalau kita bisa menemukan bangunan bersejarah berumur ratusan tahun, berdampingan dengan toko komputer. Atau masjid tua yang terselip di antara toko cenderamata piramid dan sphinx plastik made in China.

Khan-Al-Khalili, pasar paling populer di Cairo, sampai sekarang masih didatangi ratusan pedagang dan pembeli dari segala penjuru Arabia. Bedanya, sekarang mereka datang dengan mobil atau taksi, tidak lagi dengan kuda atau unta, seperti Khan Al-Khalili 600 tahun yang lalu.

Untuk para history freak sejati, tempat paling menakjubkan di Cairo adalah The Egyptian Museum. Saat ini, museum tersebut terletak di tengah-tengah Cairo, namun museum baru yang lebih bagus sedang dibangun di Giza. Kalau sudah pernah mengunjungi museum ini, Anda bakal cuma melengos pada koleksi Mesir di British Museum atau Louvre. Koleksi Tutankhamun dipajang di sini (lengkap dengan peti emasnya), mumi para firaun termasuk Ramses II (yang diduga sebagai firaunnya Musa a.s.), plus ratusan koleksi lain mulai zaman paleolithik sampai Mesir Romanian . Yang Anda butuhkan: buku panduan yang bagus (pilih yang direkomendasikan Zahi Hawass), sepasang sepatu yang nyaman, air mineral, dan kaos katun (museum ini tanpa AC!). Lupakan kamera Anda karena memotret dilarang keras.

My Top 5 Cairo historical destinations:
1. Egyptian museum
2. Masjid Al-Azhar (gambar kiri atas)
2. Masjid Mohammad Ali di Salaheddin fortress (gambar kanan atas)
3. Khan Al-Khalili
4. Bayt-Al Suhaimi (best kept secret!)
(Piramid di Giza tidak termasuk, karena secara teknis bukan terletak di Cairo)

No comments:

Post a Comment